Jepang Akan Bantu Indonesia Dalam Peningkatan Kemampuan Keamanan D Kepulauan Natuna

0

Reporter Richard Susilo Jepang Richard Susilo

TOKYO – Jepang akan mendukung Indonesia untuk memperkuat kemampuan keamanan dan keselamatan maritim, mengembangkan Kepulauan Natuna, dan pembangunan lainnya di Indonesia.

Sumber tersebut mengatakan, Kamis (3/9/) “Jepang sebagai sahabat Indonesia akan terus mendukung pembangunan Indonesia, termasuk meningkatkan kemampuan keamanan dan keselamatan maritim serta mengembangkan untuk menjaga Kepulauan Natuna dengan baik. Dikembangkan “. 2023).

Hal itu juga disampaikan saat Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi bertemu selama 75 menit pada 6 Maret 2023 pukul 18.05 dengan Menlu Letno Lestari Briansari Marsudi (60) di Kemlu Jepang di Kasumigaseki, Tokyo.

Menteri Hayashi mengatakan Jepang akan terus memperluas kerja sama dalam berbagai inisiatif, termasuk memperkuat kemampuan keamanan dan keselamatan maritim, mengembangkan Kepulauan Natuna, dan membangun infrastruktur seperti Jalur Utara-Selatan dan Jalur Timur-Barat. Sistem Mass Rapid Transit (MRT) di pelabuhan Jakarta dan Patimban, prakarsa transisi energi termasuk koordinasi di bawah konsep Asia Zero Emissions Community (AZEC).

Selanjutnya, Menteri Retno menyampaikan apresiasi atas kerja sama Jepang selama ini dan bertukar pandangan mengenai kerja sama ke depan.

Kedua Menteri juga sepakat untuk lebih mengembangkan kemitraan strategis antara Jepang dan Indonesia.

Menteri Hayashi pertama kali menyambut baik kunjungan Menteri Retno ke Jepang untuk memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia dan peringatan 50 tahun persahabatan dan kerja sama ASEAN-Jepang.

Selain itu, dengan Jepang sebagai ketua G7 tahun ini dan Indonesia sebagai ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, Menteri Hayashi menyampaikan niatnya untuk menjaga hubungan yang sangat erat dengan mengadakan KTT peringatan antara ASEAN dan ASEAN tahun ini. Jepang.

Menanggapi hal tersebut, Menlu Retno memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan apresiasi atas undangan dan keramahtamahan Jepang, serta menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan Menko Hayashi dalam terus memperkuat hubungan bilateral dan menanggapi isu-isu regional dan internasional.

Menteri Hayashi juga memberikan penjelasan, termasuk strategi keamanan nasional Jepang, dan Menteri Retno menyampaikan apresiasi atas penjelasan tersebut dan kesediaan bekerja sama dengan Jepang untuk perdamaian dan stabilitas kawasan berdasarkan undang-undang yang telah ditetapkan.

Menteri Hayashi menyatakan kesediaannya untuk mendorong kerja sama lebih lanjut untuk mewujudkan “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka” dan “Perspektif ASEAN tentang Indo-Pasifik (AOIP)”, dan Jepang mendukung penuh negara ketua Indonesia. Ia menyatakan bersedia. ASEAN merayakan peringatan 50 tahun persahabatan dan kerja sama antara ASEAN dan Jepang.

Kedua Menteri menegaskan komitmen mereka untuk bekerja sama memperkuat hubungan antara Jepang dan ASEAN.

Mengenai situasi regional dan internasional, kedua Menteri bertukar pandangan mengenai berbagai tantangan, antara lain situasi di Ukraina, situasi di Laut China Timur dan Selatan, tanggapan Korea Utara terhadap isu nuklir, misil dan penculikan, serta situasi di Myanmar. Kami bertukar pandangan untuk memperkuat fungsi-fungsi PBB, termasuk reformasi Dewan Keamanan, perlucutan senjata nuklir dan non-proliferasi, dan bekerja sama secara erat untuk menghadapi tantangan-tantangan ini.

Sementara itu, penggemar Jepang dapat bergabung ke grup Whatsapp Japanese Lovers secara gratis dengan mengirimkan email ke info@school.biz. Judul: Pecinta WAG Jepang. Silakan tulis nama, alamat, dan nomor whatsapp Anda.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *