Jakarta-Moloko: Kemungkinan Hujan Lebat Saat Libur Nataro Tahun 2023

0

Direktur Jenderal Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan kemungkinan cuaca buruk berupa hujan deras mulai 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Dan Doikorita mengatakan banyak daerah diperkirakan akan mengalami hujan lebat hingga sangat lebat selama periode tumpang tindih liburan Natal 2022 dan Malam Tahun Baru (Nataro) pada 2023.

“Dengan demikian, ada 11 negara bagian yang berpotensi mengalami hujan lebat hingga sangat deras, dan dikhawatirkan akan menjadi parah, apalagi saat ini memasuki puncak musim hujan.” Selasa (20/12/2022). ), kata Dwikorita dalam konferensi pers online. .

Hujan lebat hingga lebat diperkirakan terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Selatan, dan Maluku.

Sementara itu, wilayah Indonesia lainnya kemungkinan akan diguyur hujan sedang hingga lebat.

“Kemudian ada sembilan provinsi yang kemungkinan akan mengalami curah hujan sedang selama periode ini, yang dapat menyebabkan curah hujan yang lebih rendah tetapi deras,” katanya.

Daerah terkait meliputi Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Sebelumnya, Dwikorita memberikan peringatan dini terhadap cuaca buruk yang diperkirakan terjadi di darat, laut, dan udara selama periode Natal dan Tahun Baru 2023.

Dwikorita mengkomunikasikan kemungkinan cuaca buruk dengan potensi meteorologi yang berbeda per 21 Desember 2022.

Terkait kemungkinan cinta99 akan  terjadinya cuaca yang tidak normal, sejumlah rekomendasi disampaikan kepada masyarakat, seperti menyiapkan langkah mitigasi dan mempraktekkan pengelolaan lingkungan seperti larangan membuang sampah.

“Tidak ada pemotongan lereng, tidak ada penebangan yang tidak terkendali dan tidak ada program penghijauan skala besar,” katanya.

Dwikorita juga meminta para pengguna kapal feri untuk waspada.

“Kami terus memantau perubahan cuaca dan terus menyampaikan informasi cuaca melalui aplikasi Info BMKG atau media sosial Info BMKG dan seluruh laporan cuaca BMKG,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *