Cuaca Indonesia, Hari Ini, Selasa, 18 April 2023: Pagi Cerah, Siang Berawan

0

Jakarta – Selasa (18 Apr 2023) Langit pagi hari ini di sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan berawan dan sebagian berawan. Prakiraan cuaca Indonesia hari ini (2023-04-18) Selasa.

Menurut laporan Badan Cuaca Nasional (BMKG), pagi ini diperkirakan terjadi badai petir di Jambi dan hujan ringan di Pekanbaru.

Berbeda dengan sore hari, cuaca di Indonesia akan lebih beragam: mendung, cerah, mendung, cerah, hujan ringan, hujan sedang, badai petir.

Hujan sedang diperkirakan terjadi di wilayah Serang, Bandung, dan Pangkalpinang sore ini. Hujan ringan diperkirakan terjadi di beberapa wilayah seperti Pontianak, Kupang dan Manokwari.

Malam hari akan berawan dan berawan sebagian di sebagian besar wilayah Indonesia. Hujan ringan diperkirakan terjadi di Bandung, Pekanbaru dan Palembang malam ini.

Berikut informasi lengkap prakiraan cuaca di Indonesia dikutip Liputan6.com dari situs resmi BMKG www.bmkg.go.id.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyiapkan aplikasi pemantauan cuaca selama masa mudik Lebaran 2023 skala subregional. Dengan ini, BMKG berharap masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan aman.

Pada Minggu, 16 April 2023, mengutip Antara, Koordinator Layanan Informasi BMKG Agus Fitrianto mengatakan, “Masyarakat dapat mengakses website resmi yang diluncurkan BMKG untuk pemantauan selama Mudik: public.bmkg.go.id/cuaca-mudik/. .” dia berkata.

Ia menjelaskan, pemantauan proyeksi berbasis dampak hingga skala subregional merupakan kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang disebut BMKG Tanda Tangan.

Menurut Agus, masyarakat bisa mengakses pengamatan cuaca darat, laut, dan udara dari salah satu lokasi tersebut.

“Masyarakat juga bisa memantau media sosial resmi infobmkg di Instagram, YouTube dan Twitter”, jelasnya.

Bagi yang bepergian melalui jalur udara, selanjutnya dapat mengakses SIAM BMKG dan INA-WIS BMKG bagi yang ingin memantau prakiraan cuaca melalui jalur laut.

“Ada juga pengamatan yang dilaporkan BMKG pada Minggu pukul 13.00 hingga 19.00, namun ada pengamatan yang melalui jalur darat kondisi cuaca di Pulau Jawa relatif cerah atau mendung, sehingga masih relatif aman bagi pemudik,” jelasnya.

Ada juga pemantauan yang dilaporkan oleh BMKG. Dalam perjalanan pulang, hujan sedang hingga lebat disertai petir atau kilat diperkirakan terjadi di Aceh, Riau, Jambi, Benkulu, Pangkal Penang, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah. Seolawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Untuk jalur laut biasanya terang dan mendung. Hujan deras disertai petir diperkirakan terjadi di Laut Jawa, Selat Makassar, Laut Kalimantan Utara, Laut Sulawesi Selatan, Laut Maluku Selatan, Kepulauan Kai-Kepulauan Aru, Laut Ara Buru Timur, Teluk Sendrawasi, dan Laut Jayapurasarmi.

Berdasarkan pantauan di pelabuhan Merak, Ketapang, Gilimanuk, Padangbai, dan Lembar diperkirakan cuaca mendung, sedangkan di Bakaohini diperkirakan hujan ringan, kata Agus.

Ia mengatakan, pola angin di Indonesia bagian utara sebagian besar bergerak dari arah timur laut dengan kecepatan angin 3 hingga 15 knot, sedangkan wilayah Indonesia yang didominasi wilayah selatan bergerak dari arah barat daya dengan kecepatan angin 5 hingga 20 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Pulau Lingga, Laut Jawa bagian barat, dan Teluk Bonn bagian utara,” jelas Agus.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan bahaya radiasi sinar ultraviolet (UV) tingkat ekstrem yang melanda sebagian wilayah Indonesia pada pekan ini, termasuk Sabtu, 15 April 2023.

Ini didasarkan pada indeks UV, atau angka tanpa unit, untuk menggambarkan tingkat paparan UV yang terkait dengan kesehatan manusia.

Sabtu, 15 April 2023 “Dengan mengetahui Indeks UV, Anda dapat memantau tingkat sinar UV yang bermanfaat dan berbahaya.”

Merujuk situs resmi BMKG, sinar UV risiko tinggi bertanda oranye di Indonesia bagian barat mulai pukul 10.00.

Sekitar waktu yang sama, Indonesia Tengah mulai mendominasi dengan tingkat risiko yang sangat tinggi (merah) atau bahkan tingkat risiko ekstrim yang disorot dengan warna ungu.

Pada tingkat merah UV, orang yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan rentan terhadap kerusakan kulit dan mata. Ini dapat dengan cepat merusak atau membakar kulit dan mata Anda. Sedangkan pada UVB tingkat violet, tingkat bahayanya terlalu ekstrim bagi mereka yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan.

“Semua tindakan pencegahan diperlukan karena kulit dan mata bisa rusak dan terbakar dalam hitungan menit,” jelas BMKG.

Pindah ke pukul 11.00 WIB, warna merah dan ungu hampir sama di seluruh Indonesia. Situasi ini diperkirakan terjadi pada pukul 12.00 WIB.

Namun status UV masih belum lepas dari tingkat risiko tinggi dan sedang hingga pukul 16.00 WIB. Untuk itu, BMKG rajin mengingatkan masyarakat untuk memakai tabir surya dengan SPF 30 ke atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *