Alliance For Official Change Mendukung Anees Baswedan Sebagai Calon Presidennya, Yang Merupakan Teks Piagam Deklarasi Pihak Ketiga

0

Liputan6.com, Jakarta Tim kecil Koalisi Perubahan NasDem, PKS dan Demokrat kembali bertemu. Mereka resmi mengumumkan dukungan bersama untuk calon presiden (Pakapress) Anis Baswedan di Pilpres 2024.

Rapat dihadiri oleh Wakil Ketua DPP NasDem Sudirman Saeed Anees Baswedan, Ketua DPP NasDem Sojing Subaruwoto, Ketua DPP NasDem Willy Aditya, Sekjen Partai Demokrat Teuku Rifqy Harsa, Wakil Ketua PKS Syuro Sohibul Iman dan Ketua DPP PKS Muzzamil Yusuf.

Sudirman terletak di Jalan Brawijaya No. 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. “Ketiga pihak secara resmi telah memperluas dukungan bersama mereka,” kata Sekretariat Perubahan di usia 46 tahun.

Rapat juga mengklarifikasi isi Piagam Koalisi untuk Perubahan yang ditandatangani Presiden NasDem Surya Palu, Presiden Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan ditandatangani Presiden PKS Ahmed Siyakhu.

Wakil Presiden PKS Iman Shuro Sohibul membacakan isi Piagam Deklarasi Tripartit. Setidaknya ada enam poin yang disepakati bersama, antara lain:

NasDem, Demokrat, dan PKS telah resmi membentuk aliansi dalam Koalisi Perubahan. Ketiga pihak sepakat untuk menandatangani Piagam Aliansi. Salah satu kontrak itu adalah untuk calon wakil presiden Anees Baswedan.

“Ini resmi. Itu koalisi tiga partai,” kata pemimpin Partai Demokrat Papilo Andy Aref kepada wartawan, Jumat (24 Maret 2023).

“Nanti akan diungkap ke publik poin-poinnya, poin-poin yang disepakati dalam piagam koalisi. Ya, ada kesepakatan bagaimana membangun good governance,” katanya.

NasDem, Demokrat, dan PKS memiliki satu suara untuk calon wakil presiden untuk mencalonkan diri di pemilu 2024. Karena calon wakil presiden sepenuhnya ditentukan oleh Anees Baswedan.

“Sekarang semua koalisi berhenti bertanya-tanya siapa calon wakil presiden karena Anise sudah ada di tangan Cowboys,” kata Andy.

Sedangkan nama calon wakil presiden masih dirahasiakan. Andy mengatakan masih banyak waktu untuk mengumumkan calon wakil presiden mendampingi Anees Baswedan.

Dia berkata, “Mari kita tunggu sampai dia mengumumkan agennya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *